Tubuh Cepat Lelah, Inilah Alasan Yang Perlu Anda Ketahui

Mengapa Tubuh Cepat Lelah

Tubuh cepat lelah disertai keinginan untuk tidur yang tinggi ternyata menjadi masalah yang cukup serius bagi kesehatan. Rasa lelah tersebut bisa terjadi bila anda kurang tidur, namun terkadang rasa lelah tetap melanda meskipun jam tidur seseorang telah mencukupi. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal dan mungkin saja orang tersebut menderita anemia.

Alasan Mengapa Tubuh Cepat Lelah
Alasan Mengapa Tubuh Cepat Lelah

Tubuh yang lelah cepat menjadi sarang bagi berbagai penyakit. Oleh karena itu disarankan bagi anda yang sering merasa letih agar melakukan check-up pada klinik terdekat. Hal ini untuk mencegah anda tertidur atau tidak menyadarkan diri pada tempat-tempat yang berbahaya akibat terlalu kelelahan.

Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Cara Mengatasinya

Adapun beberapa hal yang dapat Membuat Tubuh Cepat Lelah yaitu:

1. Tidak Cukup Tidur

Pada umumnya orang dewasa membutuhkan delapan jam untuk tidur. Apabila jam tidur anda sering tidak mencukupi, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada kesehatan serta mengurangi daya konsenterasi anda.

Cara mengatasi cepat lelah akibat kurang tidur – sesuaikan kegiatan dengan jam tidur anda. Kurangi kegiatan yang tidak penting agar waktu tidur anda mencukupi.

2. Gangguan Pernafasan / Sleep Apnea

Anda sering merasakan lelah meski telah tidur selama 8 jam sehari?. Hal ini bisa diakibatkan sewaktu tidur, anda mengalami sleep apnea atau gangguan pernafasan. Sleep apnea merupakan sebuah kejadian dimana udara yang anda hirup ketika tidur tidak lancar atau tersedak-sedak. Ketika mengalami hal tersebut anda secara tidak sadar akan terbangun meski anda tidak menyadarinya. Hal ini akan terus berlanjut hingga anda bangun keesokan paginya. Sehingga tanpa anda sadari anda tidak tertidur pulas selama 8 jam.

Cara mengatasi cepat lelah akibat gangguan pernafasan – biasanya penyakit ini disebabkan oleh pola hidup anda yang tidak teratur. Biasakan berolahraga untuk mengurangi kolesterol pada tubuh anda, serta hindari merokok karena dapat menyebabkan saluran pernafasan terganggu.

3. Anemia

Tubuh cepat lelah juga bisa dihubungkan dengan penyakit anemia. Dimana tubuh kekurangan pasokan sel darah merah untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ tubuh. Hal ini akan mengakibatkan tubuh anda menjadi lemas dan bahkan pingsan pada kasus tertentu.

Cara mengatasi cepat lelah akibat anemia – anemia disebabkan karena kurangnya sel darah merah pada tubuh. Hal tersebut dapat anda tingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, kacang, dan sayuran berwarna hijau gelap.

4. Stress

Secara umum stress terbukti dapat menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan bagi orang yang mengalaminya. Stress dapat menyebabkan tubuh cepat lelah, tidak bisa konsentrasi, dan bahkan kehilangan nafsu makan.

Cara mengatasi cepat lelah akibat stress – stress dapat di tangkal dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang anda sukai. Anda dapat menghilangkan stress dengan bermain game, berkumpul bersama teman, jalan-jalan, dan sebagainya. Jika hal tersebut tidak bisa menghilangkan stress anda, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

5. Terlalu Banyak Kafein Dalam Tubuh

Kafein ternyata tidak dapat menghilangkan lelah akibat aktivitas yang anda jalani. Kafein dalam jumlah yang pas dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat anda untuk sementara waktu. Namun apabila kafein dikonsumsi dalam kadar yang kurang wajar malah dapat mengakibatkan gangguan kesehatan serta tubuh cepat lelah.

Cara mengatasi cepat lelah akibat kafein – kurangi konsumsi kopi serta makanan yang mengandung kafein. Cobalah mengganti kebiasaan kopi anda dengan teh hijau atau susu yang bagus untuk kesehatan.

6. Hypothyroidism

Hypothyroidism merupakan gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid. Biasanya Hypothyroidism cenderung menyerang wanita dibandingkan pria. Tiroid merupakan kelenjar kecil yang terdapat pada leher dimana fungsinya untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika aktivitas tiroid tidak terlalu aktif maka metabolisme tubuh akan melambat. Hasilnya tubuh akan cepat merasa lelah dan capek.

Cara mengatasi cepat lelah akibat hypothyroidism – biasanya penderita hypothyroidism akan disuntik dengan hormon sintetis. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan aktivitas kelenjar tiroid agar tubuh kembali normal.

7. Kebanyakan Berhubungan Seks

Tubuh cepat lelah juga sering dirasakan oleh pasangan yang sering melakukan seks. Hal ini disebabkan perjuangan mereka dalam memuaskan pasangannya hingga berkeringat deras. Akibatnya keesokan harinya tubuh akan terasa kaku dan lemas. Kebanyakan berhubungan seks juga dapat menyebabkan rasa sakit pada sendi tulang punggung serta menyebabkan kaki terasa lemah.

Cara mengatasi cepat lelah akibat seks – jaga nafsu anda, jangan terlalu sering melakukan hubungan seks. Konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan energi tubuh seperti ginseng, bayam dan sayuran hijau lainnya.

Sekian cara anda untuk Mengatasi Tubuh Cepat Lelah. Ubahlah kebiasaan anda bila anda ingin tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Baca artikel kesehatan lainnya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *