Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Tubuh

Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan – Makanan cepat saji atau yang kita kenal fastfood / junkfood merupakan jenis makanan yang penyajiannya dapat disajikan secara singkat dan cepat. Biasanya makanan ini banyak kita temukan di pasaran, rumah makan, warung, dan banyak tempat lainnya. Fastfood selalu menjadi pilihan untuk mengisi perut bagi mereka yang sangat sibuk, hingga tidak mempunyai waktu untuk memasak. Walaupun mereka tahu banyak dampak negatif akibat mengkonsumsi makanan tersebut.

Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Tubuh
Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan cepat saji tidak disarankan untuk sering dikonsumsi, karena dapat menimbulkan banyak efek negatif bagi kesehatan kita. Hal ini dikarenakan banyaknya zat-zat berbahaya yang terkandung didalamnya. Efek negatif dari fastfood dapat anda rasakan dalam jangka waktu tertentu, tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak anda mengkonsumsinya.

Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan

Bagi anda yang cenderung mengkonsumsi makanan siap saji, ada baiknya membaca artikel dibawah ini agar anda tahu resiko yang dapat ditimbulkan oleh makanan tersebut. Berikut info lengkapnya tentang Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan:

1. Penyebab Utama Obesitas

Bahaya pertama dari mengkonsumsiĀ fastfood adalah Obesitas, yang menyebabkan berat badan meningkat secara drastis dan tidak teratur. Kandungan bahan pengawet, gula dan garam buatan, serta kalori yang berlebihan pada fastfood akan menyebabkan organ tubuh kesulitan dalam mengurai lemak yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan memicu pada masalah kegemukan / Obesitas. Dimana obesitas dapat mengarah pada munculnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, hipertensi, gangguan pernafasan, stroke, dan bahkan kanker.

2. Menyebabkan Kerusakan Hati.

Bahaya lain akibat sering mengkonsumsi makanan cepat saji yakni bisa menyebabkan terganggunya fungsi hati. Adanya lemak trans yang terdapat pada bahan pengawet dapat memperlambat fungsi hati. Hal ini dikarenakan Lemak trans yang mengandung kolesterol yang tinggi akan mengalir hingga ke organ hati. Akibatnya fungsi organ hati dalam menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh akan terhambat. Apabila hal tersebut sering terjadi, maka bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada organ hati.

3. Menyebabkan Ketidaknormalan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan kita membutuhkan banyak serat untuk memperlancar sistem pencernaan didalam tubuh. Namun pada makanan cepat saji, kandungan seratnya sangat sedikit apalagi makanan tersebut digoreng serta menggunakan bahan dasar yang kurang sehat. Bahaya yang dapat ditimbulkan yakni sulit buang air besar, diare, sakit perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

4. Tubuh Akan Kekurangan Nutrisi

Tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup setiap hari guna untuk menjaga kesehatan organ vital di dalam tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji akan membuat tubuh kekurangan nutrisi. Hal ini dikarenakan kebanyakan makanan cepat saji tidak mengandung mineral, vitamin, serat hingga zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Penyebab Kanker

Bahan pengawet yang terkandung didalam fastfood jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut bisa memicu timbulnya sel-sel kanker yang berbahaya di dalam tubuh.

6. Penyebab Osteoporosis

Makanan cepat saji mengandung sodium yang tinggi. Apabila dikonsumsi secara terus menerus maka hal tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis.

7. Merusak Enamel Gigi

Makanan cepat saji mengandung banyak kandungan gula dan karbohidrat. sehingga bakteri yang ada di dalam mulut akan memproduksi asam yang sifatnya keras dan zat asam tersebut akan merusak enamel gigi hinga membuat gigi berlubang.

Bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji, mulailah untuk mengurangi hal tersebut. Banyak resiko yang anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan tersebut. Sekian informasi tentang Resiko Makanan Cepat Saji Bagi Tubuh dan baca juga artikel menarik lainnya di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *