Kenali Penyebab Luka Bakar dan Teknik Menanganinya

Penyebab Luka Bakar – Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentunya anda pasti pernah mendengar atau mengalami kejadian-kejadian yang mengakibatkan luka bakar. Luka bakar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya tersenggol knalpot yang panas, terkena percikan api, maupun tersiram minyak panas. Hal ini dapat menyebabkan luka bakar yang nantinya akan meninggalkan bekas luka pada kulit anda. Memang mengkhawatirkan, namun hal ini memang sering kali terjadi dalam keseharian kita.

Penyebab Luka Bakar dan Teknik Menanganinya
Penyebab Luka Bakar dan Teknik Menanganinya

Luka bakar dapat merusak penampilan seseorang. Apalagi bila luka bakar tersebut mengenai bagian wajah, tangan, ataupun kaki. Hal ini sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu sebaiknya anda lebih waspada ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan panas atau api.

Beberapa Jenis Penyebab Luka Bakar

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan luka bakar. Berdasarkan jenisnya, penyebab luka bakar dikategorikan sebagai berikut:

  1. Luka Bakar Akibat Benda Panas

    Hal ini disebabkan oleh sentuhan kulit dengan benda panas seperti knalpot, setrika, wajan, dan benda panas lainnya.

  2. Luka Bakar Akibat Api

    Hal ini disebabkan oleh kontak langsung antara kulit dengan api yang membara. Semakin besar api, maka semakin parah pula luka bakarnya.

  3. Luka Bakar Akibat Cairan Panas

    Hal ini disebabkan oleh cairan panas seperti air yang baru mendidih ataupun minyak panas. Semakin kental cairan panas tersebut, maka luka bakar yang ditimbulkan juga akan semakin parah.

  4. Luka Bakar Akibat Tersengat Listrik

    Hal ini disebabkan oleh tegangan listrik tinggi yang berasal dari bangunan maupun sambaran petir.

  5. Luka Bakar Akibat Bahan Kimia

    Hal ini disebabkan oleh bahan kimia yang memiliki sifat keras, seperti asam keras dan basa keras.

  6. Luka Bakar Akibat Sinar Radiasi

    Hal ini disebabkan oleh sinar radiasi atau gelombang panas yang berasal dari matahari maupun peralatan yang mempunyai radiasi tinggi seperti alat kemoterapi.

Tingkatan Luka Bakar

Berdasarkan efek yang ditimbulkan oleh masing-masing penyebab luka bakar, maka luka bakar dapat dikategorikan dalam beberapa tingkatan, yakni:

  • Luka Bakar Tingkat 1

    Luka bakar tingkat 1 masih tergolong ringan, karena hanya mengenai lapisan kulit terluar atau lapisan kulit ari. Biasanya luka seperti ini disebabkan akibat terkena percikan minyak goreng ketika memasak. Untunglah luka bakar jenis ini tidak akan meninggalkan bekas luka maupun lecet.

  • Luka Bakar Tingkat 2

    Luka bakar tingkat 2 tergolong cukup membahayakan, karena mengenai hingga lapisan kulit jangat. Lapisan kulit jangat merupakan lapisan yang berada dibawah lapisan kulit ari. Biasanya luka seperti ini disebabkan akibat tersenggol knalpot maupun asam keras. Gawatnya luka ini akan membuat kulit melepuh dan tentunya akan meninggalkan bekas luka pada kulit.

  • Luka Bakar Tingkat 3

    Luka bakar tingkat 3 termasuk kategori yang berbahaya. Biasanya luka bakar ini akan menembus hingga pada jaringan otot dan tulang. Hal ini dapat mengakibatkan disfungsi pada pembuluh darah hingga kerusakan jaringan saraf. Biasanya luka bakar seperti ini diakibatkan oleh konslet tegangan listrik atau terbakar hidup-hidup.

Langkah-Langkah Menangani Luka Bakar

Mengobati luka bakar tentunya bukan hal yang mudah. Terlebih ketika anda harus berhadapan dengan orang yang menderita luka bakar tingkat 3. Akan tetapi untuk kasus seperti luka bakar tingkat 1 dan 2 anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Memberikan Pertolongan Pertama Pada Luka

    Jika anda sering menggunakan pasta gigi, kecap ataupun minyak dingin untuk dioleskan pada bagian yang terkena luka bakar, maka anda salah besar. Hal tersebut justru dapat memperparah kondisi kulit karena panas yang ditimbulkan tidak bisa mereda. Hal yang seharusnya anda lakukan jika terkena luka bakar yaitu membasahi luka dengan air keran. Biarkan air mengalir pada bekas luka selama 5 menit hingga kulit terasa dingin.

  2. Bersihkan Luka Agar Tidak Menimbulkan Infeksi

    Bersihkan bekas luka tersebut agar tidak terjadi infeksi pada kulit dengan menggunakan obat antiseptik. Obat antiseptik yang dianjurkan seperti NaCI dan Bethadine.

  3. Mengobati Luka Bakar

    Mengobati luka bakar merupakan bagian yang tersusah dan butuh kesabaran besar. Oleskan obat antibiotik secara rutin pada luka bakar, atau anda bisa menggunakan obat antibiotik alami seperti putih telur, madu dan lidah buaya. Adapun cepat lambatnya pengobatan tergantung seberapa parah luka bakar tersebut, selain itu kerutinan dalam melakukan perawatan juga berpengaruh pada kesembuhan luka.

  4. Menghilangkan Bekas Luka Bakar

    Luka bakar biasanya akan meninggalkan bekas luka. Untuk bekas luka yang masih tergolong ringan dapat anda hilangkan dengan menggunakan bahan alami seperti mentimun, susu, bawang, serta madu.

Baca Juga Artikel : Tips Merawat Kulit Dengan Mentimun

_________________

Sekian Informasi Mengenai Penyebab Luka Bakar dan Cara Menanganinya. Kini anda tahu tindakan yang harus anda lakukan ketika seseorang mengalami luka bakar. Kami doakan agar anda sekeluarga selalu terhindar dari bahaya yang dapat menimbulkan luka bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *