Wajib Diketahui! Tips Merawat Kebersihan Miss V Secara Tepat

Merawat Kebersihan Miss V – Bagi anda para kaum wanita tentunya vagina merupakan salah satu organ vital yang harus kerap dijaga kebersihannya. Menjaga organ intim tentunya dapat menghindari anda dari berbagai jenis penyakit yang mengancam seperti keputihan, herpes, kanker serviks, dan lain sebagainya. Organ reproduksi yang satu ini juga mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Tips Merawat Kebersihan Miss V Secara Tepat
Tips Merawat Kebersihan Miss V Secara Tepat

Salah satu penyebab miss V menjadi sensitif yaitu faktor kelembapan. Tingkat kelembapan yang abnormal tentunya membuat para wanita menjadi tidak nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kelembapan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti jamur, bakteri dan kuman yang berkembang biak di sekitar area kemaluan wanita. Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus, maka dapat menimbulkan beragam penyakit kelamin seperti keputihan, kanker rahim dan lain sebagainya.

Merawat kebersihan miss V wajib dilakukan bagi para wanita, baik remaja, dewasa dan bahkan lansia sekalipun. Hal ini bertujuan agar anda terhindar dari berbagai gangguan penyakit kelamin. Oleh karena itu perawatan secara berkala harus rutin dilakukan demi menjaga kebersihan area vagina. Berikut dapat anda simak dibawah ini tips merawat kebersihan miss V secara tepat .

Tips Merawat Kebersihan Miss V Secara Tepat

1. Bersihkan Miss V dengan Air Bersih

Jaga kebersihan area vagina dengan membersihkannya secara rutin menggunakan air yang benar-benar bersih. Pada saat setelah buang air kecil dan besar, sebaiknya anda membilas area disekitar vagina agar terhindar dari infeksi kuman.

2. Menjaga Area Vagina dan Selangkangan Agar Tetap Kering

Kondisi area vagina yang lembap berpotensi menimbulkan penyakit jamur serta menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Maka dari itu upayakan agar area sekitar miss V tetap kering.

3. Lakukan Perawatan Rambut Yang Tumbuh Disekitar Miss V

Apabila anda ingin membersihkan rambut yang tumbuh disekitar area Miss V, sebaiknya anda menggunakan metode gunting atau dicukur. Mencabut rambut di sekitar kemaluan berpotensi menimbulkan lubang di sekitarnya.

4. Jagalah Kebersihan Pakaian Dalam

Disarankan bagi anda untuk mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari, serta gunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat dengan mudah. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada jamur yang timbul di area sekitar kemaluan. Ada baiknya untuk tidak bertukar celana dalam dengan orang lain atau keluarga karena kondisi kelamin setiap orang pastinya berbeda-beda.

5. Pada Saat Menstruasi, Seringlah Mengganti Pembalut

Pada saat menstruasi, kuman dapat masuk dengan mudah bersamaan dengan gumpalan darah. Maka dari itu usahakan untuk mengganti pembalut 2-3 kali sehari. Dan yang terpenting, ingat untuk membersihkan area vagina terlebih dahulu setiap akan mengganti pembalut.

6. Lakukan Pengecekan Secara Rutin Pada Area Vagina Untuk Mendeteksi Adanya Kelainan Secara Dini

Cara yang satu ini perlu dilakukan agar dapat memelihara kebersihan serta mencegah berbagai penyakit yang muncul, sehingga dapat segera diatasi sebelum penyakit tersebut mengancam nyawa.

7. Menjaga Kondisi Tubuh Agar Selalu Fit dan Komsumsi Makanan Bergizi

Pola hidup yang sehat dan teratur serta asupan makanan dengan nutrisi yang tinggi tentunya dapat membantu dalam meningkatkan asiditas sekresi pada Miss V.

8. Hindari Toilet Yang Kotor

Bagi anda kaum wanita yang suka menggunakan toilet umum, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu apakah toilet tersebut benar-benar bersih atau tidak. Toilet yang kotor tentunya berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan karena mengandung bakteri dan kuman. Biasakan diri anda untuk menyiram toilet serta area sekitarnya sebelum menggunakannya. Hal ini bertujuan agar bakteri dan kuman yang bersarang disekitar toilet dapat terminimalisir.

9. Menjaga Kebersihan Diri Ketika Berhubungan Intim

Sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim, disarankan bagi kaum wanita agar membersihkan daerah miss V. Hal ini berupaya agar tidak menimbulkan infeksi pada saluran reproduksi. Selain itu juga tidak dianjurkan bergonta-ganti pasangan karena resiko timbulnya infeksi akan semakin besar.

Sekian informasi tentang Tips Merawat Kebersihan Miss V Secara Tepat. Semoga info tersebut dapat membantu kaum hawa dalam mencegah terjadinya gangguan maupun infeksi pada area kemaluan. Baca juga artikel kesehatan lainnya di bawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *