Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesuburan Wanita

Meningkatkan Kesuburan Wanita – Mempunyai keturunan setelah menikah tentunya menjadi dambaan setiap wanita. Hal tersebut selain dapat membahagiakan suami juga merupakan cara mendekatkan diri dengan sang mertua. Kebahagiaan selama mengandung, melahirkan hingga membesarkan anaknya menjadi suatu bagian penting dalam hidup mereka. Sebelum menikah, pastikan bagi kaum wanita untuk terus menjaga pola hidup sehat agar tingkat kesuburan tetap terjaga. Sehingga nantinya anda tidak perlu khawatir akan kesuburan anda dalam memperoleh buah hati.

Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesuburan Wanita
Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesuburan Wanita

Bagi para wanita yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan, agar tetap berkonsultasi dengan dokter dalam hal pemeriksaan kesuburan. Menjalankan hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk tentunya dapat meningkatkan kesuburan wanita. Berikut ini akan beberapa contoh kebiasaan buruk yang dapat mengancam kesuburan seorang wanita :

Tips Menjaga dan Meningkatkan Kesuburan Wanita

1. Menjalankan Pola Makan dengan Gizi yang tidak seimbang

  • Untuk memperoleh tingkat kesuburan yang optimal, ada baiknya anda menjaga bentuk tubuh agar tetap terlihat ideal. hal ini dikarenakan terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat mempengaruhi tingkat kesuburan anda. Selain itu, kualitas dari sel telur serta produksi hormon anda menjadi kurang sehat.
  • Konsumsi makanan yang kurang bergizi seperti makanan cepat saji atau yang mengandung bahan pengawet tentunya tidak bagus bagi kesuburan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya mengandung banyak sekali racun seperti pestisida, pengawet, pewarna hingga pemanis buatan.
  • Pada saat mengkonsumsi makanan dan minuman, ada baiknya mengetahui komposisi dari lemak yang terkandung didalamnya. Disarankan agar anda mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti vitamin, karbohidrat, lemak tidak jenuh, protein dan lain sebagainya. Pilih juga bahan makanan yang minim terkena racun bahan kimia.
  • Konsumsi suplemen makanan yang mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesuburan setiap wanita.

2. Merokok

Merokok tentunya tidak bagus untuk kesehatan baik pria maupun wanita. Bagi para wanita sendiri, merokok dapat memicu terjadinya beragam jenis gangguan penyakit yang berhubungan dengan tingkat kesuburan. Racun Tar dan Nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat membuat kualitas sel telur dan sel hormon menjadi menurun, hal ini tentunya dapat menghambat terjadinya pembuahan. Selain menghambat proses pembuahan, rokok juga dapat menyebabkan keguguran, janin menjadi cacat, hingga menyebabkan janin meninggal sewaktu dikandungan.

3. Kurangnya Istirahat atau Sering Bergadang

Terlalu padatnya jadwal dalam bekerja atau beraktivitas hingga mengakibatkan kelelahan yang kelewat batas juga dapat mempengaruhi tingkat kesuburan. Tingkat stress dan kurangnya tidur juga membuat kinerja sel telur menjadi semakin menurun. Bagi anda yang berencana ingin mempunyai momongan, ada baiknya bila anda menghindari stress dengan beristirahat secukupnya serta mengurangi aktivitas yang tidak bermanfaat.

4. Konsumsi Minuman berkafein dan Beralkohol Tinggi

Meningkatkan kesuburan wanita – Bagi anda yang suka meminum kopi atau yang beralkohol terutama bagi kaum wanita, sebaiknya anda menguranginya. Banyak sekali dampak negatif bagi kesehatan yang dapat muncul akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman tersebut. Salah satu yang paling berpengaruh adalah masalah kesuburan. Bila anda masih berencana untuk mempunyai momongan, ada baiknya bila anda perbanyak konsumsi air putih dan hindari minuman bersoda. Menurut penelitian yang di lakukan, sekitar 60% wanita yang mengkonsumsi alkohol juga beresiko melahirkan bayi yang cacat.

5. Kurangnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Unik namun nyata, menurut penelitian yang dilakukan di Australia, bahwa kesehatan gigi dan mulut harus tetap dijaga. Hal ini tidak lain agar seorang wanita yang sudah menikah dapat segera mempunyai momongan. Pembengkakan pada gigi dan gusi akan memicu timbulnya bakteri yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi. Hal ini lah yang menyebabkan embrio yang sudah dibuahi menjadi sulit menempel di dinding rahim.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *