Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Meningkatkan Kesuburan Pria Kesuburan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan pasca menikah. Hal ini tidak lepas dari keinginan pengantin baru untuk mempunyai momongan. Selain wanita, para pria juga harus senantiasa menjaga kesuburannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan dalam mendapatkan momongan. Adapun gangguan kesuburan pada pria dapat dipengaruhi oleh banyak faktor dimana salah satunya adalah dari sisi kualitas dan kuantitas sperma.

Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria
Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Sperma yang sehat dengan kualitas yang bagus tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembuahan nantinya. Selain itu sperma yang sehat dan bagus juga akan mempengaruhi kualitas embrio atau janin yang terbentuk. Berikut ini ciri-ciri sperma yang sehat:

  1. Volume Sperma

    Pada saat berejakulasi, penis akan mengeluarkan sperma dalam jumlah 2-6 ml. Apabila kandungan sperma kurang dari 2 ml, tentunya hal ini perlu dipertanyakan. Jika volume sperma yang dipancarkan terlalu sedikit pada saat ejakulasi pertama, ada baiknya anda mengurangi proses masturbasi dan berkonsultasi dengan dokter.

  2. Waktu Pembekuan

    Semakin kental cairan sperma yang dikeluarkan maka hal tersebut semakin bagus. Hal ini menandakan bahwa kandungan protein yang terkandung didalamnya sangat tinggi. Apabila cairan sperma yang dikeluarkan cair, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena adanya gangguan pada saluran kandungan kemih.

  3. Jumlah Sel Sperma

    Untuk kasus ini tentunya harus dilihat menggunakan alat mikroskop. Jumlah sel sperma pada umumnya berjumlah sekitar 40 juta sel dan jika jumlah tersebut kurang, hal tersebut berdampak pada tingkat kesuburan.

Untuk anda yang ingin meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan, ada baiknya anda mengetahui dan mulai mengkonsumsi makanan sehat alami di bawah ini :

Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

1. Buah Delima

Buah delima saat ini banyak dikonsumsi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kesuburan sperma dan menjaga fungsi alat kelamin pada pria.

2. Asparagus

Asparagus mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana hal ini berfungsi membantu dalam melindungi sperma dari berbagai kerusakan. Selain itu sayuran ini juga bagus bagi kesehatan testis pria.

3. Alpukat

Selain cocok digunakan sebagai kecantikan kulit, alpukat juga berkhasiat dalam meningkatkan kualitas sperma serta meningkatkan kekuatan sperma dalam menembus sel telur wanita.

Baca Juga: Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

4. Pisang

Pisang yang kita kenal berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, ternyata juga dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan pada pria. Kandungan Bromelain yang terdapat didalamnya berperan penting dalam meningkatkan gairah seks laki-laki. Kandungan vitamin A, B1 dan C berperan dalam meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses pembuatan sperma.

5. Cokelat

Kandungan asam amino dan senyawa Aginine HCl pada cokelat telah terbukti mampu meningkatkan volume sperma. Selain itu, cokelat juga dapat membantu pria dalam meningkatkan tekanan seksual. Konsumsi cokelat yang berlebihan juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan hormon testosteron dan esterogen menjadi tidak seimbang yang berdampak buruk pada berkurangnya jumlah sperma.

6. Ginseng

Ginseng sendiri sudah terbukti dalam mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dalam sebuah penelitian diberitakan bahwa kandungan yang terdapat didalam ginseng dapat meningkatkan libido serta kinerja seksual.

7. Tiram

Seperti yang kita ketahui bahwa tiram memiliki banyak kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain pada pria, untuk wanita sendiri juga bisa menghasilkan hormon progesteron.

8. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan kualitas dari sperma dan sel telur.

9. Sayuran dan Buah Organik

Makanan organik tentunya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan makanan tersebut bebas dari pestisida dan memiliki kandungan gizi yang bagus. Penggunaan pestisida tentunya dapat memperburuk kualitas sperma dan mempengaruhi kesuburan pada pria.

Demikian informasi tentang Tips makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan pria. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda yang saat ini ingin memiliki keturunan. Selain mengkonsumsi makanan sehat, anda juga harus menjaga pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak meminum minuman beralkohol dan sebagainya.

Baca juga: Bahaya Sering Melakukan Masturbasi dan Onani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *