Kenali Gejala Penyakit Bisul Serta Cara Mengatasinya

Mengatasi Penyakit Bisul – Bisul merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang biasanya menimbulkan benjolan merah pada area kulit tertentu. Bila tidak segera diberikan penanganan yang tepat, maka bisul akan membesar serta dipenuhi cairan nanah yang menimbulkan efek nyeri dan panas. Hal itu tentunya akan mengganggu sekali, apalagi bisul biasanya timbul di daerah yang sensitif seperti muka, pantat, leher, dan lain sebagainya.

Gejala Penyakit Bisul Serta Cara Mengatasinya
Gejala Penyakit Bisul Serta Cara Mengatasinya

Penyakit bisul dapat terjadi akibat berbagai faktor, baik dari segi kebersihan badan hingga faktor makanan dan minuman. Bisul terbentuk akibat bakteri mengendap di dalam kulit serta berkembangbiak hingga menimbulkan benjolan besar.

Penyebab Terjadinya Bisul

Terdapat beberapa hal utama yang menyebabkan seseorang terkena penyakit bisul, diantaranya:

  1. Kurangnya dalam menjaga kebersihan badan seperti mandi tidak bersih, menggunakan pakaian yang tidak menyerap keringat.
  2. Infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri
  3. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat.
  4. Kurangnya sistem imun didalam tubuh sehingga bakteri dapat masuk dengan mudah.

Cara Mencegah Timbulnya Bisul

Penyakit bisul memang tidak berbahaya namun sangat mengganggu. Maka dari itu, sebelum anda terserang penyakit bisul, sebaiknya anda melakukan beberapa pencegahan sebagai berikut:

  1. Cara pertama yaitu dengan menjaga kebersihan badan. Mandi minimal 2 kali sehari dan gunakan sabun anti bakteri agar kuman disekitar kulit bersih.
  2. Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat yang bertujuan untuk menghindari jamur serta infeksi.
  3. Pilihlah jenis makanan dan minuman yang sehat dan tidak menimbulkan alergi.
  4. Selain menjaga kebersihan diri, anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan.

Kenali Gejala Penyakit Bisul

Sebaiknya anda mengenali gejala awal penyakit bisul ini agar anda dapat segera mengambil tindakan yang tepat. Adapun gejala-gejala timbulnya bisul yaitu:

  1. Timbul benjolan merah di area permukaan kulit.
  2. Jika bisul sudah membesar, biasanya ditandai dengan munculnya bintik putih yang merupakan cairan nanah.
  3. Adanya rasa panas dan nyeri di sekitar area benjolan.
  4. Terasa gatal pada area sekitar benjolan.

Cara Mengatasi Penyakit Bisul

Bila anda atau keluarga anda terserang penyakit bisul, tidak perlu panik dan lakukan langkah mengatasi penyakit bisul berikut:

  1. Ketika timbul gejala penyakit bisul, usahakan agar segera ditangani. Hal ini untuk mencegah agar bisul tidak sempat matang sehingga tidak terjadi kerusakan jaringan permukaan kulit.
  2. Gunakan salep antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bisul.
  3. Jika bisul sudah mulai membesar, cobalah mengkonsumsi obat antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.
  4. Anda bisa menggunakan obat penisilin yang dapat bermanfaat untuk mengatasi efek negatif yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab bisul. Perlu anda ketahui juga, obat penisilin terkadang dapat menimbulkan reaksi alergi.
  5. Apabila bisul sudah mengeluarkan nanah di bagian pusatnya, disarankan untuk segera ke dokter. Hal ini bertujuan agar bisul dapat ditangani dengan cara yang tepat tanpa menimbulkan efek samping.
  6. Jangan pernah sesekali untuk menggaruk-garuk bisul karena bakteri penyebab bisul dapat dengan mudah menular.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Adapun beberapa teknik alami untuk penanganan bisul dapat anda lihat dibawah ini:

  1. Dengan menggunakan lidah buaya, yaitu dengan menghancurkan lidah buaya secara merata dan kemudian oleskan di sekitar area bisul.
  2. Selain lidah buaya, anda juga dapat mengoleskan getah pohon kamboja dengan cara yang sama.
  3. Anda juga bisa menggunakan daun tanaman kamboja untuk mengobati bisul. Caranya dengan memanaskan daun kamboja dengan api lilin hingga layu. Lalu olesi daun kamboja tersebut dengan minyak zaitun dan tempelkan daun tersebut pada daerah bisul.
  4. Menggunakan daun tanaman pare juga dapat mengobati bisul. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan merebus beberapa daun pare. Setelah itu saring air rebusan tersebut dan minum selagi masih hangat.
  5. Selain daun pare, anda juga dapat menggunakan daun murbei. Cara penggunaanya persis sama yakni direbus dan kemudian diminum.

Baca Juga Artikel : Tips Merawat Payudara Agar Tetap Kencang dan Seksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *