Tips Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Bayi

Memilih Susu Formula – Kita semua tentunya tahu bahwa susu terbaik untuk bayi adalah susu yang berasal dari ibu atau ASI. Namun tidak semua ibu dapat memberikan ASI mereka karena beberapa kondisi. Hal ini menyebabkan sang ibu harus beralih pada pilihan lain yaitu susu formula. Sebagai orang tua yang baik, tentunya anda ingin agar buah hati anda mendapatkan yang terbaik. Namun dengan beredarnya berbagai jenis merk susu formula, tentunya membuat anda binggung dalam menentukan pilihan anda.

Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Bayi
Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Bayi

Memilih susu formula yang tepat untuk bayi bukanlah hal yang mudah. Susu yang mahal belum tentu bagus untuk sang bayi. Beberapa susu bahkan dapat menimbulkan efek alergi pada bayi. Terus bagaimana memilih susu yang tepat untuk bayi?. Kesehatan6 telah menyediakan beberapa tips agar anda dapat memilih susu formula yang tepat bagi buah hati anda.

Tips Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Bayi

1. Sesuaikan Dengan Usia

Apakah anda menyadari mengapa susu formula di kategorikan dalam 2 jenis, yakni 0-6 bulan dan 6-12 bulan?. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaan pada bayi yang berusia 0-6 bulan belum sesempurna bayi yang berusia 6-12 bulan. Maka dari itu hal utama yang harus anda perhatikan dalam memilih susu formula adalah usia bayi anda. Jangan berikan susu yang melebihi batas usianya karena hal tersebut malah akan menimbulkan efek buruk bagi buah hati anda.

2. Kualitas susu formula

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah kualitas dari susu formula. Pastikan susu tersebut aman dikonsumsi bagi balita. Produk susu dapat dikategorikan aman dikonsumsi apabila diproduksi dengan menggunakan standard Good Manufacturing Product (GMP) serta dibawah pengawasan standard yang telah diterapkan European Union (EU), The United States Food and Drug Administration (U.S FDA), serta harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Selain itu susu formula yang bagus, harus memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3. Kandungan pada Susu Formula

Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah nilai gizi yang terdapat pada susu formula. Biasanya susu formula diproduksi hingga memiliki nilai gizi yang hampir mirip dengan ASI. Berdasarkan standar yang telah diterapkan oleh WHO (World Health Organization), suatu produk susu yang baik harus mengandung DHA, LA, AHA, FOS dan GOS, kolin, betakaroten, omega-3, dan omega-6. Semua zat tersebut merupakan zat yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya sang anak.

4. Sesuai atau Tidak

Beberapa bayi mempunyai alergi terhadap susu sapi, maka dari itu anda harus memilih susu dengan cermat. Adapun gejala alergi susu pada bayi antara lain:

  • Muncul bercak-bercak merah pada kulit bayi disertai rasa gatal
  • Berat badan bayi tidak kunjung naik
  • Feses lebih cair dan lembek dari biasanya
  • Nyeri perut serta diare
  • Batuk-batuk disertai rasa mual

Baca Juga Artikel : Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Autisme

Apabila bayi anda mengalami hal diatas maka segeralah mengganti susu formula anda. Selain susu sapi, terdapat juga susu kedelai dan susu elemental. Pastikan anda memilih susu yang cocok bagi bayi anda, agar dia dapat tumbuh kembang dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *