Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil – Sebuah anugrah bagi wanita jika dia diperbolehkan untuk melahirkan anak bagi suaminya. Masih banyak pasangan di dunia ini yang sangat menginginkan anak, namun kehendak mereka tidak diizinkan oleh yang maha kuasa. Sehingga bagi pasangan yang cukup beruntung, alangkah baiknya jika anda kerap menjaga kesuburan buah hati anda, baik selama masih di kandungan maupun setelah dia lahir nantinya.

Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil
Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan janin, maka ibu hamil dianjurkan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi makanan. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung gizi serta nutrisi yang cukup. Dengan asupan gizi dan nutrizi yang cukup diharapkan agar sang ibu beserta janinnya tetap berada dalam kondisi fit. Sehingga ketika dilahirkan nantinya, bayi tersebut diharapkan berada dalam keadaan sehat.

Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, banyak sekali pantangan makanan bagi seorang ibu hamil. Salah memilih makanan bisa berakibat buruk bagi kesehatan janin maupun ibunya. Oleh karena itu sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan berikut di bawah ini karena dapat menyebabkan infeksi. Adapun jenis infeksi yang dapat menyerang ibu hamil yakni: Salmonella, toksoplasmosis, listeria, E. coli yang konon dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Apa saja makanan yang tidak bagus bagi ibu hamil? Berikut daftar Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil:

1. Makanan Mentah

Bagi anda yang suka memakan makanan mentah atau kurang matang, seperti daging mentah, telur mentah dan susu yang tidak dipasteurisasi. Sebaiknya anda hindari makanan tersebut ketika berada dalam proses kehamilan. Hal tersebut dikarenakan makanan mentah mengandung bakteri Salmonella dan E. coli yang mampu menyebabkan keguguran dan gangguan kesehatan pada bayi.

2. Makanan Yang Tidak Higienis

Hindari memakan makanan yang tidak higienis, karena bisa saja makanan tersebut mengandung bakteri toksoplasmosis dan E.Coli. Bakteri toksoplasmosis dapat dijumpai pada buah-buahan yang tidak dicuci bersih, daging-daging mentah atau setengah matang yang terkontaminasi. Bukan cuma dari makanan, namun ternyata kotoran kucing juga mengandung bakteri tersebut. Sehingga diwajibkan bagi ibu hamil untuk menjauhi makanan yang jatuh pada kotoran kucing.

Adapun efek dari bakteri ini bagi ibu hamil yakni dapat menyebabkan gangguan kehamilan seperti keguguran, kerusakan pada otak bayi, bayi meninggal ketika dilahirkan, gangguan pendengaran atau penglihatan pada bayi setelah dilahirkan.

3. Keju dan Susu yang Tidak di Pasteurisasi

Tanpa anda sadari produk-produk keju lunak seperti brie, blueveined, serta keju yang terbuat dari susu kambing dan domba beresiko membawa bakteri listeria. Bukan hanya itu, mengkonsumsi daging yang dibekukan serta susu yang belum melewati proses pasteurisasi atau pemanasan pada suhu tertentu juga berpotensi terserang bakteri tersebut. Pada ibu hamil bakteri ini berpotensi menyebabkan keguguran, kelahiran prematur dan bahkan bayi meninggal setelah dilahirkan.

4. Minuman yang Ber-Alkohol

Bagi anda yang merupakan pecandu alkohol, sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi minuman ini ketika berada dalam proses kehamilan. Hal itu dikarenakan alkohol dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin serta dapat menganggu tingkat emosional sang bayi.

5. Nenas

Nenas memang memiliki kandungan vitamin serta mineral yang bagus bagi tubuh. Namun apakah anda tahu bahwa nenas ternyata tidak bagus untuk dikonsumsi bagi ibu hamil?. Hal tersebut dikarenakan nenas mengandung bromelain yang diyakini dapat membahayakan kesehatan janin.

Sekian informasi lengkap tentang Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil. Semoga kesehatan janin anda dapat terjaga setelah anda membaca informasi diatas, dan tidak lupa kami ucapkan selamat melahirkan bayi yang sehat.

Baca juga artikel kesehatan lainnya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *