Makanan Sehat Pasca Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Makanan Sehat Pasca Melahirkan Caesar – Kondisi pasca melahirkan tentunya membuat seorang ibu merasa bahagia. Selain karena berjumpa dengan sang buah hati, tentunya ada perasaan lega setelah bobot berat selama 9 bulan menghilang. Meskipun tidak ada lagi beban yang harus dijaga tetapi pola makan dan pola hidup tetap harus dijaga. Terlebih bagi anda yang melahirkan melalui operasi caesar.

Proses persalinan sendiri saat ini terdiri dari metode normal dan operasi caesar. Saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan metode operasi dalam proses melahirkan. Adapun faktor yang menyebabkan seseorang melakukan operasi caesar yakni :

  • Kecelakaan yang menyebabkan sang ibu tidak kuat dalam melakukan proses melahirkan normal
  • Ukuran bayi yang terlalu besar
  • Perasaan takut bila melakukan kelahiran secara normal
  • Keinginan untuk melahirkan di tanggal tertentu
Makanan Sehat Pasca Melahirkan Melalui Operasi Caesar
Makanan Sehat Pasca Melahirkan Melalui Operasi Caesar

Pasca melahirkan tentunya membuat kondisi badan menjadi tidak ideal alias mengalami kegemukan. Hal ini karena timbunan lemak yang terjadi setelah melahirkan. Program diet serta olahraga yang teratur harus menjadi pertimbangan jika tidak ingin berat badan anda menjadi tidak teratur. Kesibukan dalam mengurus anak, juga harus diseimbangkan dengan waktu berolahraga. Asupan makanan yang berlebihan serta mengandung lemak tinggi juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan bagi ibu yang baru melahirkan caesar. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi gemuk sehingga bekas jahitan perut berpotensi terbuka. Apalagi bagi anda kaum ibu muda yang saat ini ingin mengembalikan bentuk tubuh ke tahap yang ideal seperti sebelum hamil.

Makanan Sehat Pasca Melahirkan Caesar

Untuk memulihkan kondisi tubuh bagi ibu yang baru melahirkan caesar dibutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi. Kekurangan zat besi dapat membuat asupan nutrisi yang diterima sang bayi berkurang. Oleh sebab itu seorang ibu yang baru melahirkan disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat memberikan nilai gizi bagi diri beserta bayinya. Adapun makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu yang baru melahirkan diantaranya:

  1. Menu Makanan yang Mudah Dicerna

    Setelah melahirkan, anda harus cermat dalam memilih makanan yang anda konsumsi. Pilihlah makanan sehat yang bernutrisi serta berserat tinggi seperti nenas dan kacang-kacangan agar gampang dicerna tubuh. Bagi ibu yang baru melahirkan, tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi agar tubuh tidak terlalu terbebani ketika hendak buang air besar. Mengkonsumsi buah nenas juga dapat mencegah sang ibu terserang penyakit flu pasca melahirkan.

  2. Makanan Tinggi Protein

    Protein tentunya sangat dibutuhkan setelah melahirkan. Tujuannya adalah supaya dapat mempercepat pertumubuhan lapisan kulit dan juga berperan penting dalam pertumbuhan otot. Anda bisa mendapatkan protein dari berbagai jenis makanan seperti susu, telur, kacang hingga daging sapi.

  3. Vitamin C

    Selain sebagai antioksidan, kandungan vitamin C juga berperan dalam mengembalikan jaringan tubuh akibat operasi. Banyak sekali jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi seperti melon, jeruk, stroberi, brokoli, tomat dan kelentang. Bila saat ini anda sedang menyusui, ada baiknya mengkonsumsi vitamin C dalam kadar 2000 miligram perharinya.

  4. Kalsium

    Kalsium sangat berperan dalam memperkuat tulang dan gigi. Setelah melakukan operasi caesar tubuh akan kekurangan zat kalsium, dan hal ini beresiko terserang osteoporosis. Untuk itu bagi ibu yang baru melahirkan caesar sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium dapat kita jumpai dengan mengkonsumsi susu rendah lemak, yoghurt, bayam dan sebagainya. Konsumsi 1000 mg kalsium setiap harinya terlebih jika anda sedang menyusui. Sebanyak hampir 35o mg kalsium tersalurkan ke dalam tubuh bayi selama anda menyusui.

  5. Zat Besi

    Zat besi berfungsi untuk mengembalikan sel-sel darah merah dan hemoglobin ke jumlah yang normal pasca melahirkan. Setelah melahirkan, tubuh banyak kehabisan sel darah merah yang membuat anda menjadi lemas. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membantu dalam mengembalikan stamina dan sel darah merah anda. Contoh makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti jambu biji, pisang, hati sapi, kacang, kuning telur, daging merah, tiram dan bayam.

  6.  Karbohidrat

    Karbohidrat sangat dibutuhkan bagi ibu yang baru melahirkan. Hal ini guna untuk mengembalikan energi yang terkuras ketika proses melahirkan. Agar sang ibu cepat sehat kembali, maka konsumsilah makanan ber-karbohidrat tinggi seperti beras merah dan gandum.

Demikian info penting tentang Makanan Sehat Pasca Melahirkan. Semoga informasi diatas tadi bisa bermanfaat untuk para ibu yang saat ini sedang dalam proses pemulihan setelah melahirkan. Jagalah kondisi tubuh anda agar selalu fit karena setelah melahirkan, tentunya anda akan disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti bekerja dan mengasuh bayi yang tentunya sangat menguras energi anda.

Baca juga artikel kesehatan lainnya dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *