Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil Beserta Kandungannya

Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil – Buat anda para ibu hamil, tentunya asupan makanan yang sehat dan bergizi menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut selain berpengaruh pada kesehatan ibu hamil, juga mempengaruhi kesehatan janinnya.

Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil
Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Masa-masa kehamilan tentunya merupakan masa yang paling ditunggu bagi para calon orang tua. Oleh karena itu seorang calon ibu harus mampu memilih makanan yang baik dan buruk bagi kesehatan janinnya. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang penuh protein, vitamin, zat besi serta karbohidrat yang tinggi.

Daftar Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil

Bagi para ibu yang sedang hamil yang bingung tentang daftar makanan apa saja yang bagus untuk dikonsumsi, berikut ini list terbaru mengenai Daftar Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil:

1. Sereal

Mulailah kebiasaan pagi anda dengan sarapan sereal karena sereal mengandung asam folat yang sangat bagus pada tahap awal kehamilan hingga 8 bulan kemudian. Para ahli gizi menyarankan agar ibu hamil setidaknya mengkonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap harinya.

2. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang mengandung kalsium dan asam folat yang berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi kepada ibu hamil beserta janinnya.

3. Pisang

Pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengurangi rasa mual, yang biasa terjadi pada awal kehamilan. Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada pisang diyakini dapat mengurangi efek sakit yang kambuh pada pagi hari (morning sickness). Pisang juga kaya akan vitamin C, serat, asam folat serta potasium yang bagus untuk kesehatan ibu beserta janinnya.

4. Telur

Seperti yang kita ketahui, telur merupakan jenis makanan yang mengandung protein yang tinggi yang berperan penting dalam perkembangan otak bayi dalam kandungan.

5. Sayuran Hijau

Ketika anda sedang hamil, disarankan untuk memperbanyak asupan sayuran hijau seperti bayam. Dimana sayuran tersebut memiliki kandungan asam folat dan zat besi yang sangat bagus untuk mencegah kelahiran cacat tabung saraf (bayi lahir dengan kelainan otak dan sumsum tulang belakang).

6. Roti Gandum

Roti gandum memiliki nutrisi penting seperti karbohidrat, zat besi dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Selain itu roti gandum atau roti tawar dapat membuat perut terasa lebih kenyang sehingga disarankan untuk mengkonsumsi 4-5 lembar roti gandum setiap harinya.

7. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan vitamin D dan kalsium yang sangat baik untuk perkembangan janin. Agar sang bayi bisa dilahirkan dengan sehat jasmani, seorang ibu hamil membutuhkan setidaknya 1000 mg kalsium setiap harinya.

8. Apel

Apel juga menjadi salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Selain rasanya yang enak, kandungan vitamin dan serat pada apel dapat membantu perkembangan janin serta mampu mengatasi diare serta sembelit pada saat kehamilan.

9. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat, vitamin B serta kalsium yang dapat membantu perkembangan tulang belakang janin sampai ke proses persalinan.

10. Ikan Salmon

Salmon sendiri merupakan makanan laut yang aman untuk dimakan oleh para ibu hamil karena mengandung kandungan merkuri yang sedikit. Disamping itu kandungan omega-3 pada ikan sangat bagus untuk kesehatan jantung serta menguatkan daya ingat ibu beserta janinnya.

11. Jeruk

Jeruk sangat bagus untuk ibu hamil, karena mengandung vitamin C, air hingga asam folat. Hal ini penting karena vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh sang ibu selama masa kehamilan. Disamping itu kandungan air pada jeruk dapat mencegah sang ibu dari dehidrasi.

12. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang tinggi. Hal tersebut bagus bagi ibu hamil karena dapat membantu mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar. Rata-rata ibu hamil akan mengalami sembelit ketika masa kehamilan. Hal ini terjadi karena tekanan rahim yang semakin membesar, serta meningkatnya produksi hormon progesteron selama masa kehamilan membuat saluran pencernaan terhambat.

Sekian informasi mengenai Tips Makanan Sehat Bagi Ibu Hamil. Baca juga informsai lainnya di :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *