Kelalaian Ibu Hamil Yang Sering Dilakukan Ketika Masa Kehamilan

Kelalaian Ibu Hamil – Masa hamil menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh setiap pasangan yang telah menikah. Momen yang berlangsung selama 9 bulan ini menjadi tantangan serta cobaan bagi pasangan yang sedang mengalaminya. Calon ibu serta bapak harus benar-benar berjuang demi menjaga keselamatan janin yang ada di dalam kandungan.

Akan tetapi banyak dari wanita hamil yang kurang memperhatikan kesehatan dirinya sendiri, dan hal ini tentunya berdampak pada kesehatan calon buah hatinya juga. Kelalaian ibu hamil yang terjadi pada masa kehamilan biasanya terjadi akibat kurangnya pengetahuan terkait kehamilan disertai pola hidup tidak sehat ataupun beberapa hal lainnya. Meskipun dampaknya tidak secara langsung kita sadari, namun hal ini tentunya akan memberikan dampak buruk bila terus-menerus terjadi.

Kelalaian Ibu Hamil Yang Sering Dilakukan Ketika Masa Kehamilan
Kelalaian Ibu Hamil Yang Sering Dilakukan Ketika Masa Kehamilan

Bagi para calon ibu yang saat ini sedang berada dalam proses masa kehamilan, ada baiknya mengetahui apa saja kelalaian yang sering terjadi ketika hamil. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan anda sehingga anda tidak melakukan kelalaian yang sama secara terus-menerus. Berikut ini beberapa kelalaian yang sering terjadi dalam masa kehamilan:

Kelalaian Ibu Hamil Ketika Masa Kehamilan

1. Kurang Istirahat

Seorang ibu hamil harus memiliki istirahat yang cukup, terlebih bagi ibu hamil yang masih bekerja meski dalam masa kehamilan. Ada baiknya bila anda mulai mengimbangi pekerjaan dengan istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan sewaktu hamil, tubuh akan memerlukan banyak energi sehingga tidur yang cukup tentunya dapat mengembalikan energi anda kembali.

2. Tidak Berolahraga

Selain menjaga pola makan yang sehat, anda juga harus menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga. Olahraga yang teratur tentunya dapat membuat badan menjadi segar dan peredaran darah menjadi lancar. Kebanyakan wanita hamil justru bermalas-malasan dan ingin dimanjakan ketika sedang mengandung. Tanpa anda sadari hal ini justru akan membuat badan menjadi lemas serta akan menyulitkan anda pada saat proses persalinan nantinya. Untuk itu disarankan kepada anda agar berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

3. Terlalu Stress

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stress yang dialami oleh ibu hamil memberikan dampak langsung berupa gangguan secara psikologis. Selain itu stress juga berdampak buruk pada perkembangan janin dan sistem kekebalan tubuh sang ibu hamil. Untuk itu jangan terlalu banyak memikirkan  hal yang nantinya dapat menimbulkan stress. Jika anda mengalami masalah, biasakan untuk curhat kepada suami, keluarga atau kerabat terdekat anda.

4. Pemilihan Rumah Sakit atau Bidan yang tidak Tepat

Pemilihan tempat berkonsultasi kepada dokter selama masa kehamilan juga perlu. Hal ini bertujuan agar anda merasa nyaman dan tahu apa yang harus anda lakukan, baik ketika konsultasi hingga nantinya ke proses melahirkan.

5. Tidak Bergabung dengan Kelas Ibu hamil

Bagi anda para calon ibu yang saat ini sedang mengandung, ada baiknya untuk mengikuti kelas ibu hamil. Hal ini tentunya bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai tata cara yang benar selama kehamilan bahkan ketika melahirkan nantinya. Disana anda akan belajar cara menyusui dan merawat bayi yang benar.

6. Tidak Berbicara dengan Bayi Anda

Kegiatan yang satu ini juga sangat bermanfaat dan ampuh, oleh sebab itu berkomunikasi dengan bayi di janin sangatlah dianjurkan. Hal ini bertujuan untuk mempererat ikatan ibu dengan bayi sejak dini. Anda bisa mengakalinya dengan mendengarkan musik, membaca cerita hingga bernyanyi. Mulailah kebiasaan ini pada saat awal hingga akhir kehamilan.

7. Mengikuti Semua Anjuran dan Tips Yang Belum Tentu Benar

Pada saat sedang hamil, anda akan sering mendengar tips atau saran dari pihak keluarga atau kerabat yang sebelumnya pernah hamil. Disarankan agar tidak mudah percaya dengan tips yang diberikan oleh mereka karena belum tentu kebenarannya. Diskusikan perihal kehamilan langsung kepada dokter agar kebenarannya lebih akurat.

Baca Juga Artikel : Manfaat Asi Bagi Kesehatan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *