Cara Mengatasi Kutu Rambut Penyebab Rambut Rontok

Cara Mengatasi Kutu Rambut – Anda pasti merasa geli ketika melihat rambut orang yang penuh dengan kutu rambut, apalagi ketika kamu yang mengalami sendiri. Pastinya sangat terganggu dan malu ketika diajak berjumpa dengan teman. Bayangkan saja ketika anda berjalan bersama teman, anda harus terus mengaruk-garuk kepala anda, belum lagi kutunya berterbangan. Astaga!

Cara Mengatasi Kutu Rambut
Cara Mengatasi Kutu Rambut

Penderita kutu rambut biasanya kerap merasakan gatal pada kepalanya. Hal tersebut bukan karena gigitan kutu rambut, namun karena reaksi alergi kulit kepala terhadap kutu rambut. Oleh sebab itu tidak semua orang menyadari keberadaan kutu rambut di kepala mereka. Walaupun saat itu berpuluh ekor kutu rambut sedang merayap di kepala mereka.

Lalu Kenapa Kutu Rambut Bisa Menjalar Hingga Ke Kulit Kepala?

Keberadaan kutu rambut di kepala seseorang itu bisa muncul dari dua faktor, yakni melalui:

  • Kontak langsung
    Hal ini terjadi ketika rambut seorang penderita kutu rambut secara langsung bersentuhan dengan rambut orang lain. Sehingga memungkinkan kutu tersebut merayap dan berpindah ke kepala insan yang baru.
  • Kontak tidak langsung
    Nah, bagi yang suka berbagi barang dengan orang lain, alangkah baiknya jika anda tidak berbagi sisir anda dengan orang lain. Karena tanpa anda sadari bisa saja orang tersebut mengidap kutu rambut di kepalanya. Selain sisir ada lagi barang-barang yang bisa menjadi media penyebaran kutu rambut, yakni wig, helm, topi, bantal, handuk, serta barang yang sering diletakkan di kepala anda.

Namun tenang, setidaknya kutu rambut tidak bisa melompat ataupun terbang, sehingga anda hanya perlu memperhatikan dua hal diatas. Pastikan anda selalu melakukan keramas dan menjaga kesehatan rambut anda.

Cara Mencegah Kutu Rambut

Adapun cara untuk mencegah datangnya kutu rambut di kepala anda antara lain:

  • Lakukan penyisiran rambut dengan sisir serit secara rutin. Gunakan sisir serit perlahan-lahan dari kulit kepala, kemudian tarik sisir serit hingga ke ujung rambut. Pastikan anda menaruh alas berwarna hitam atau putih. Jika kedapatan adanya kutu rambut pada kulit kepala anda segera lakukan keramas.
  • Dianjurkan agar menghindari kontak kepala dengan orang lain ketika melakukan aktivitas sehari-hari
  • Mungkin anda harus bersikap pelit dalam hal ini, yakni untuk tidak berbagi barang pribadi yang sering anda gunakan pada kepala anda.
  • Yang terpenting adalah menjaga kebersihan kepala anda. Pastikan anda melakukan keramas dengan benar.

Dengan melakukan hal tersebut diatas, setidaknya anda akan terhindar dari kutu rambut. Jika masih terdapat kutu rambut ketika anda telah melakukan hal diatas, tidak salahnya anda mencoba model rambut baru, yaitu botak. Rileks, bila langkah pencegahan anda gagal maka anda bisa mencoba mengatasi keberadaan kutu rambut itu sendiri.

Cara Mengatasi Kutu Rambut

Mencegah lebih baik dari mengobati, begitukan pepatahnya? Nah bagaimana jika kepala anda telah terinfeksi dan butuh pengobatan?. Tenang, Kesehatan6 akan memberikan tips untuk mengatasi kutu rambut secara alami.

1. Minyak Zaitun

Tak heran kalau minyak zaitun banyak digunakan pada produk-produk kecantikan, karena memang minyak ini mempunyai banyak khasiat. Untuk membasmi kutu rambut, oleskan minyak zaitun secara merata ke seluruh kulit kepala dan rambut, biarkan terurai selama 20 menit sambil nonton TV, kemudian bilas hingga bersih. Setelah itu gunakan sisir serit untuk memastikan keberadaan kutu rambut pada kulit kepala.

2. Lidah buaya / aloe vera

Anda pasti pernah dengar bahwa lidah buaya itu bagus untuk rambut. Yah, lidah buaya mampu mengatasi berbagai keluhan rambut, yakni ketombe, rambut rontok, bercabang, dan pastinya mengatasi kutu rambut.
Untuk mengatasi kutu rambut dengan menggunakan lidah buaya, yakni dengan:

  • Pilihlah lidah buaya yang berwarna hijau tua
  • Cuci lidah buaya tersebut dengan air bersih dan belah menjadi 2(dua) bagian (belah memanjang, bukan melebar)
  • Oleskan kedua ujung lidah buaya yang telah dipotong pada kulit kepala
  • Beri pijatan lembut pada kepala agar getah lidah buaya merata ke seluruh bagian kepala. Setelah itu biarkan selama 2 jam sambil melakukan aktivitas anda
  • Setelah 2 jam, bilas hingga bersih gel lidah buaya tersebut
  • Seperti biasa pastikan keberadaan kutu rambut dengan menggunakan sisir serit.

3. Kacang Almond

Selain mengisi perut dengan kelezatannya, kacang almond ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir kutu rambut yang jahat. Pastinya bukan dengan cara memasukkannya pada mulut, namun dengan cara berikut:

  • Ambil kacang almond sebanyak 10 butir
  • Rendam kacang tersebut ke dalam air, kemudian haluskan kacang tersebut dan taruh di sebuah mangkuk
  • Tuangkan sekitar 4 sendok makan air lemon ke dalam mangkuk yang berisi kacang yang telah dihaluskan
  • Aduk hingga kacang dan air lemon tersebut menyerupai krim
  • Kemudian oleskan krim tersebut ke kulit kepala yang terinfeksi.

4. Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, ternyata minyak kelapa yang sering digunakan untuk mengoreng ini bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut. Caranya sama dengan penggunaan minyak zaitun yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa keseluruh  rambut serta kulit kepala secara merata. Kemudian biarkan selama 2-3 jam, lalu bilas kepala dengan air bersih dan tidak lupa untuk memastikan dengan menggunakan sisir serit.

5. Cuka

Cuka dapat digunakan untuk membunuh kutu rambut. Kandungan asam asetat pada cuka mampu membasmi kutu rambut beserta telur-telurnya. Akan tetapi cuka juga mampu menyebabkan rambut rontok dan iritasi pada kulit kepala anda, sehingga disarankan agar mencampurkan cuka dengan air sebelum digunakan pada kulit kepala.

Untuk mendapatkan rambut yang indah ternyata gampang-gampang susah. Kebersihan rambut harus selalu dijaga, siapa tahu ternyata di rambut indah anda terdapat sarang kutu rambut. Semoga informasi mengenai Cara Mengatasi Kutu Rambut diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga artikel rambut lainnya di:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *