Kenali Gejala Serta Bahaya Virus Zika Bagi Kesehatan

Bahaya Virus Zika – Belakangan ini banyak sekali jenis penyakit yang semakin mengancam kehidupan makhluk di bumi ini. Salah satunya yakni virus zika yang banyak menghantui masyarakat dunia tak terkecuali Indonesia. Penyebaran virus Zika dimulai pada tahun 1947, dimana virus ini diyakini berasal dari monyet Rhesus yang berhabitat di hutan Zika, Uganda, dan Afrika.

Kenali Gejala Serta Bahaya Virus Zika Bagi Kesehatan
Kenali Gejala Serta Bahaya Virus Zika Bagi Kesehatan

Menurut informasi dari beberapa media, penularan virus tersebut diyakini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Selain dapat menyebabkan demam berdarah, nyamuk ini juga dapat menularkan virus Zika. Gejala yang dialami oleh penderita dari penyakit ini hampir sama dengan demam berdarah yakni tubuh akan demam, terasa nyeri, mata menjadi merah serta timbul bintik-bintik merah pada kulit. Hingga saat ini penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang belum ditemukan vaksinnya.

Gejala Awal Virus Zika

Saat ini virus Zika telah menjadi suatu penyakit yang paling ditakuti karena berpotensi mengakibatkan kematian. Oleh karena itu alangkah baiknya bila anda mengetahui gejala penyakit ini, agar dapat segera ditangani sebelum menular ke insan lainnya. Adapun ciri-ciri seseorang terjangkit virus Zika:

  • Suhu tubuh akan naik turun, dan maksimum suhu tubuh dapat mencapai 38 derajat celcius. Suhu tubuh akan naik tetapi tidak setinggi demam berdarah.
  • Akan muncul ruam atau benjolan tipis berwarna merah tua hingga kecoklatan pada kulit.
  • Timbul rasa nyeri pada otot dan sendi seperti keseleo maupun bengkak.
  • Muncul rasa sakit pada mata seperti terjadi infeksi dan mata menjadi kemerahan.
  • Gejala penyakit ini biasanya timbul dalam waktu 2 hingga 7 hari. Dimana dalam kurun waktu tersebut, tubuh akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Bila belum parah, penyakit ini biasanya dapat sembuh dalam kurun waktu 7 hingga 12 hari, tergantung pada sel anti bodi yang kita miliki.

Pengobatan Terhadap Pasien Virus Zika

Pada saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat mengatasi virus yang satu ini. Biasanya para dokter akan memberikan cairan atau vitamin yang dapat mencegah dehidrasi, serta meredakan rasa nyeri. Disarankan agar pasien virus Zika mendapatkan tidur yang cukup, hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh agar dapat melawan virus tersebut. Kebersihan lingkungan dan makanan juga harus diperhatikan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit lainnya.

Disarankan juga bagi pasien yang mengidap virus ini untuk menghindari gigitan nyamuk. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus tersebut melalui gigitan nyamuk.

Pencegahan Virus Zika

Salah satu hal yang dapat kita lakukan terhadap virus Zika ini yakni dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin agar tidak terjangkit. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, dimana kita ketahui bahwa hingga saat ini virus Zika belum ada vaksinnya. Berikut ini tips untuk mencegah terjangkitnya virus ini :

  1. Pastikan rumah terbebas dari nyamuk dengan cara memasang tirai ataupun jaring-jaring nyamuk pada bagian rumah tertentu.
  2. Selalu gunakan pakaian panjang yang dapat melindungi kita dari gigitan nyamuk.
  3. Bila perlu oleskan obat anti serangga untuk mencegah terjadinya gigitan nyamuk.
  4. Selalu bersihkan rumah atau lingkungan sekitar seperti mencuci bak mandi, menutup penampungan air dan membersihkan selokan. Hal ini bertujuan untuk mencegah para nyamuk untuk berkembangbiak di area sekitar rumah.
  5. Hindari berkunjung ke wilayah atau negara yang terjangkit virus ini.
  6. Jika ada saudara atau kerabat dekat yang terkena penyakit ini, sebaiknya anda dan keluarga segera berkonsultasi ke dokter sebelum virus ini sempat menular dan meningkatkan jumlah korban jiwa.

Demikian informasi kesehatan yang dapat kami sampaikan tentang Kenali Gejala Serta Bahaya Virus Zika Bagi Kesehatan. Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi anda dan keluarga. Pastikan rumah kita selalu bersih dan bebas dari sarang nyamuk. Baca juga artikel kesehatan lainnya dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *