Kenali Jenis Serta Bahaya Vaksin Palsu Bagi Kesehatan

Bahaya Vaksin Palsu Bagi Kesehatan – Meski sempat ramai bicarakan karena beberapa rumah sakit terbukti menggunakan vaksin palsu, namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahaya vaksin palsu terhadap kesehatan. Hal ini membuat pihak orang tua menjadi resah serta khawatir setiap akan dilakukan imunisasi terhadap anaknya. Jika vaksin palsu disuntikkan kedalam tubuh maka berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan atau efeknya nihil.

Kenali Jenis Serta Bahaya Vaksin Palsu Bagi Kesehatan
Kenali Jenis Serta Bahaya Vaksin Palsu Bagi Kesehatan

Vaksin palsu dapat menyebabkan berbagai infeksi pada tubuh karena tidak dibuat sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku di bidang kesehatan. Sterilisasi pun menjadi ancaman tersendiri karena kebanyakan vaksin palsu tidak higienis sehingga dapat menyebabkan kuman dengan mudah masuk kedalam tubuh.

Biasanya vaksin disuntikkan pada anak-anak ataupun bayi yang masih kecil. Tujuannya adalah supaya sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan tidak mudah terserang penyakit. Apabila anak disuntik dengan vaksin palsu dan dibiarkan terus menerus, hal tersebut dapat mengakibatkan infeksi ataupun gangguan kesehatan lainnya, karena kita tidak tahu apa yang dicampurkan ke dalam vaksin palsu tersebut.

Cara Mengenali Vaksin Palsu

1. Jika kita melihat pada bagian luar atau kemasannya, vaksin palsu dominan berwarna pucat atau keruh.
2. Bagian barcodenya berwarna kehitaman dan tulisan di bagian kemasannya juga sulit untuk dibaca
3. Harga yang jauh lebih murah, bahkan harganya berselisih hingga 2 kali lipat lebih murah dibandingkan dengan yang asli.
4. Bagian tutup botolnya mudah dibuka dan warnanya yang lebih keruh dibandingkan yang asli.

Bahaya Vaksin Palsu

Berikut ini resiko kesehatan yang dapat disebabkan oleh vaksin palsu. Adapun Bahaya Vaksin Palsu Bagi Tubuh yakni:

1. Infeksi Jaringan Sistem Imun Pada tubuh

Vaksin palsu cenderung dibuat dalam keadaan yang tidak steril. Jika cairan tersebut dimasukkan kedalam tubuh melalui suntikan maka akan mengakibatkan kuman dengan mudah masuk kedalam tubuh. Penyakit yang sering timbul akibat vaksin palsu yakni infeksi lambung, diare, kram perut dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Rentan Terhadap Serangan Bakteri

Apabila vaksin yang tidak asli ditambahkan dengan cairan antibiotik dengan dosis yang tidak tepat, hal ini tentunya akan mengakibatkan iritasi beberapa organ tubuh balita. Kelebihan zat antibiotik di dalam tubuh malah dapat memberantas mikroorganisme dan bakteri baik dalam tubuh. Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin yakni vitamin K dan B12 sehingga membuat tubuh rentan terserang penyakit menular.

3. Keracunan

Vaksin palsu yang biasanya dikemas di dalam botol yang tidak steril dapat mengakibatkan berkembangnya bakteri dan virus. Jika bakteri tersebut masuk kedalam tubuh, maka dapat menyebabkan keracunan. Gejala awal keracunan vaksin yakni muntah-muntah, demam yang berkepanjangan serta diare.

4. Hilangnya Nafsu Makan

Vaksin palsu yang tidak steril dan dosis yang digunakan terlalu tinggi bisa mengakibatkan balita menjadi kehilangan nafsu makan. Reaksi kimia yang terdapat di dalam vaksin tersebut akan mengakibatkan terganggunya organ pencernaan serta dapat mengakibatkan iritasi akut.

5. Sesak Nafas

Pada saat balita, ketahanan tubuhnya tidak terlalu bagus karena organ tubuhnya yang masih lemah. Banyak organ tertentu yang belum siap untuk menerima berbagai jenis kandungan makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh. Vaksin palsu yang mengandung cairan infus dan antibiotik dapat menyebabkan berbagai gangguan organ pernapasan sehingga balita akan mengalami kesulitan dalam bernapas. Jika hal ini terjadi pada balita setelah proses imunisasi, ada baiknya anda langsung berkonsultasi kepada dokter untuk mencegah dampak buruk yang lebih parah lagi.

6. Alergi

Sebagian besar balita jika disuntikkan dengan vaksin akan menyebabkan beberapa alergi seperti gatal-gatal, ruam kemerahan pada kulit hingga mengakibatkan demam tinggi. Untuk itu ada baiknya jika kita mewaspadai hal yang seperti ini karena sangat membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan jiwa dari bayi tersebut.

Demikian informasi tentang Bahaya Vaksin Palsu yang beredar. Disarankan agar sering berkonsultasi ke dokter jika anak anda sering merasakan gejala-gejala seperti yang dijabarkan di atas tadi.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Cara Menangani Anak Autisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *