Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Seafood – Makanan laut atau yang lebih dikenal dengan seafood, saat ini menjadi hidangan makanan yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan. Seafood memiliki cita rasa yang empuk dan nikmat sehingga membuat orang tidak bisa berhenti mengkonsumsinya. Selain karena rasanya yang nikmat, seafood sangat diminati karena mudah ditemukan. Anda bisa menyantap seafood di berbagai tempat, baik itu di warung, restoran, rumah makan, dan tempat makan lainnya.

Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan
Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan

Makanan laut yang biasanya banyak digemari adalah udang, kepiting, kerang, cumi-cumi, dan tentunya ikan. Selain rasanya, makanan laut juga memiliki kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan. Namun ternyata seafood tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dikarenakan seafood mengandung zat-zat yang dapat mengakibatkan hal buruk bagi tubuh.

Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan

Bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan laut tetapi tidak mengetahui apa efek yang bisa ditimbulkan pada kesehatan tubuh, ada baiknya anda membaca artikel berikut ini tentang Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan:

1. Tinggi Kolesterol

Bahaya pertama yang ditimbulkan seafood yakni dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu, bagi penderita darah tinggi makanan ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terutama udang, kerang dan cumi-cumi. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai, seafood malah dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh. Manfaat dari mengkonsumsi seafood akan kita bahas di artikel Manfaat Seafood Bagi Kesehatan Tubuh. Adapun cara untuk menurunkan kadar kalesterol pada seafood yakni dengan menghidangkan seafood dengan cara direbus.

2. Mengandung Merkuri yang Berbahaya

Bahaya selanjutnya datang dari merkuri yang terkandung di dalam makanan laut. Merkuri merupakan zat yang berbahaya yang berada di laut dan biasanya merupakan hasil dari sisa-sisa limbah pabrik industri. Merkuri bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit serta dapat menimbulkan gejala kanker hingga keracunan.

3. Beberapa makanan laut dapat menyebabkan racun bagi tubuh.

Makanan laut memang enak disantap, tetapi kita juga harus dapat memilih jenis seafood mana saja yang aman untuk dikonsumsi. Terdapat beberapa seafood yang mengandung racun seperti ikan dori atau dikenal dengan ikan buntal. Kandungan racun pada ikan buntal dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh hingga berujung pada kematian. Namun ikan buntal dapat dimakan apabila diolah dengan cara yang tepat, adapun makanan lain yang memiliki kandungan racun yang tinggi adalah ubur-ubur.

4. Dapat menyebabkan alergi pada tubuh

Bahaya lain dari makanan laut yakni dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang seperti gatal-gatal pada bagian lidah dan area sekitar mulut. Pada kondisi tertentu, mengkonsumsi seafood dapat membuat tubuh seseorang timbul bintik-bintik merah dan terasa gatal.

5. Mengandung Bakteri Salmonella

Zat-zat bahaya lain yang terkandung dalam seafood yakni bakteri salmonella. Bakteri ini biasanya masuk kedalam tubuh melalui aliran darah, dan akan menyerang beberapa organ tubuh penting. Apabila terserang penyakit ini, tubuh akan terasa kaku dan lemas, biasanya penyakit ini disebut gejala tifus.

Demikian informasi tentang betapa Bahaya Mengkonsumsi Seafood Secara Berlebihan. Disarankan bagi pecinta seafood untuk selalu mengkonsumsi seafood yang telah di masak dengan matang. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindari penyakit-penyakit tidak diinginkan yang disebabkan oleh bakteri.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang kesehatan di :

Resiko Makan Fastfood bagi tubuh
Makanan Sehat Bagi Lansia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *