Awas! Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali

Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali

Kebiasaan merebus air secara berulang kali mungkin pernah atau bahkan sering anda lakukan sehari-hari. Terkadang orang lupa untuk menuangkan air rebusan kedalam kopi atau teh mereka, sewaktu hendak menuangkannya ternyata air rebusan tersebut sudah dingin. Alhasil mereka pun kembali merebus air bekas mendidih tersebut. Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan karena dapat membahayakan tubuh apabila air tersebut dikonsumsi.

Awas! Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali
Awas! Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali

Menurut para ahli, air yang telah direbus dalam suhu 100 derajat celcius apabila direbus kembali, maka berpotensi menimbulkan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi. Air matang yang direbus kembali akan menghasilkan kandungan arsenik, nitrat, serta fluorite. Ketiga zat tersebut dapat memberikan efek yang tidak bagus bagi tubuh, mulai dari melemahkan fisik, mengganggu sistem pencernaan, hingga menimbulkan gangguan pada ginjal dan bahkan kanker. Lalu apa sajakah penyakit berbahaya yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi air matang yang direbus berulang kali?, berikut info selengkapnya.

Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali

1. Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Seperti yang telah dibahas di bagian atas bahwa air matang yang bila direbus kembali akan menimbulkan kandungan arsenik. Kandungan arsenik ini bila dikonsumsi secara terus-menerus dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan seperti iritasi pada perut dan pencernaan serta menyebabkan diare.

2. Masalah Pada Organ Ginjal

Ginjal memiliki peran penting dalam melarutkan zat racun dalam tubuh kita. Apabila kita mengkonsumsi air yang mengandung arsenik, zat tersebut akan sukar dilarutkan oleh organ ginjal, sehingga akan menumpuk pada dinding ginjal dan mengakibatkan kinerja ginjal menjadi berat.

3. Gangguan Pada Organ Jantung

Selain mengganggu kinerja sistem pencernaan, kandungan arsenik juga dapat menyerang hingga sistem kardiovaskular, seperti organ jantung. Jantung bekerja sebagai pemompa darah ke seluruh bagian tubuh, bila organ ini rusak maka akibatnya sangat fatal hingga berpotensi meninggal dunia.

4. Gangguan Pada Sistem Saraf

Selain menghasilkan kandungan arsenik, air matang yang direbus kembali juga akan menimbulkan kandungan fluoride. Kandungan fluoride bila dikonsumsi dapat memberikan efek buruk pada sistem saraf. Hasil penelitian Harvard University menyimpulkan bahwa kandungan fluoride pada air minum dapat menyebabkan perkembangan otak pada anak menjadi terhambat, sehingga menimbulkan efek IQ lemah.

5. Menimbulkan Sel Kanker

Selain kedua zat berbahaya diatas, air yang direbus berkali-kali juga menimbulkan zat nitrat yang akan menjadi racun apabila dipanaskan pada suhu yang tinggi. Ketika nitrat dipanaskan pada suhu yang tinggi, maka zat tersebut akan berubah menjadi senyawa nitrosamine yang berpotensi membentuk sel kanker. Adapun jenis kanker yang dapat ditimbulkan yakni seperti kanker kandung kemih, kanker pankreas, kanker usus, kanker perut, kanker kerongkongan, serta kanker ovarium.

Sekian informasi mengenai Bahaya Mengkonsumsi Air Matang Yang Direbus Berulang Kali. Semoga anda dan keluarga dapat terhindar dari bahaya penyakit bila mengkonsumsi air sejenis itu. Baca juga artikel berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *